Rabu, 29 Agustus 2007

Lindungilah anjing laut.,...


Tidak kurang dari selebriti veteran Brigitte Bardoot dan Menteri Perikanan Kanada Loyola Hearn ikut ajang debat soal perburuan anjing laut di Lautan Atlantik. Keduanya berkampanye tentang sikap mereka yang menolak keras tindakan berburu hewan berbulu tebal tersebut.
Tidak heran kalau mereka begitu peduli pada anjing mamalia itu. Perburuan anjing laut lumayan marak terjadi di perairan Arktik Utara oleh orang Anuit. Fauna bertampang lucu itu memang dijadikan makanan tradisional mereka. Ada setidaknya 320.000 ekor anak anjing laut terbunuh sepankang 2005 lalu akibat diburu baik oleh nelayan lokal maupun luar.
Anjing laut bernama latin Zalophus Zalophus californianus. Hewan ini tergolong hewn berdarah panas. Mangsa mereka beragam fauna laut mulai dari ikan sampai anak burung penguin. Orang mancanegara menyebutnya pinniped, masuk dalam famili Otaridae. Sepintas mereka mirip dengan kerabatnya, singa laut. Hanya anjing laut bertubuh lebih kecil dan berbulu. Perbedaan mencolok lain, anjing laut tidak memiliki taring.
Habitat anjing laut adalah area pantai berhawa dingin seperti lautan Arktik Utara, dekat Kutub Utara. Tubuh mereka licin karena memang selalu berendam di air laut. Kakinya menyerupai sirip ikan yang berselaput, sangat membantu ketika mereka berenang dan menyelam di kedalaman laut. Bentuk tubuhnya memanjang rata hingga ke ekor, mirip dengan ikan pesut.
Anjing laut paling kecil adalah anjing laut berbulu Galapagos. Beratnya hanya 30 kilogram dengan panjang 1,2 meter. Sedangkan yang terbesar adalah anjing laut gajah selatan seberat 2.200 kilogram.
Di daratan, gerakan anjing laut sangat lambat karena tubuhnya tidak terlalu familiar dengan daratan. Tapi sebaliknya begitu masuk ke air, mereka akan berenang dengan gesit.

Tidak ada komentar: